Bucket Elevator

Home / Bucket Elevator

BUCKET ELEVATOR

Salah satu contoh alat penanganan bahan(pemindahan bahan) adalah Elevator. Elevator adalah suatu pesawat perangkat yangmempunyai gerakan periodic untuk menaikan ataumenurunkan beban melalui guide rail yangvertikal. Mesin elevator barang adalah suatu mesinpengangkat barang yang bergerak vertikal (naik –turun) pada relnya yang telah diprogram padakontrol panel.
Mekanisme Kerja : Bucket Elevator merupakan salah satu jenisalat pemindah bahan yang berfungsi untukmenaikan muatan curah (bulk loads) secaravertikal atau dengan kemiringan (incline)lebih dari 700 dari bidang datar. Contohsemen, pasir, batubara, tepung, dll.Bucket elevator dapat digunakan untukmenaikan material dengan ketinggian hingga50 meter, kapasitasnya bisa mencapai 50m3/jam konstruksinya dapat mencapai posisivertikal.
Prinsip kerja alat ini adalah memindahkan bahan secara vertikal dengan meletakan bahan pada ember-ember (bucket) yang dikaitkan dengan rantai atau sabuk dengan jarak tertentu yang berputar pada pulley sehingga bucket dapat bergerak secara vertikal.
Bagian-bagian utama dari bucket elevatorini adalah pulley atau sprocket penggerak,bucket, rantai atau belt, dan motorpenggerak. Cara kerja bucket elevator iniyaitu material curah (bulk material) masukke corong pengisi (feed hopper) pada bagianbawah elevator (boot). Kemudian materialcurah ditangkap oleh bucket. Setelah sampaipada roda gigi atas, material dikeluarkanke arah corong keluar (discharge sprout).

Kelebihan Bucket Elevator :
1. Dapat merbentuk bongkahan.emindahkan bahan secara vertikal dengan kemiringan yang curam.
2. Lebih aman, lebih beragam penggunaanya, variasi kapasitas yang lebih luas dan kontinyu
3. Konstruksi mesin sederhana.
4. Dapat mengangkut bahan yang berbetuk bongkahan.

Kelemahan Bucket Elevator :
1. Biaya investasi mahal.
2. Kecepatanya rendah.
3. Tidak dapat digunakan untuk mengangkut bahan yang bersifat lengket
Berdasarkan sistem transmisi, bucket elevator dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Menggunakan transmisi sabuk (belt)
2. Menggunakan transmisi rantai (chain)